Oelamasi, Independen-news.com – Moment Sidak Wakil Bupati Kupang di Kecamatan Amfoang Barat Laut, sekelompok pemuda di Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang – NTT protes terhadap sistem pengelolaan dana desa se kecamatan itu.
Protes pemuda Ambal disampaikan langsung kepada Wakil Bupati Kupang saat melakukan Sidak di wilayah itu.
Gusty Haupunu, mewakili pemuda Ambal, Kamis (08/08/2019) di Soliu mengatakan, pengelolaan dana desa disemua desa se Kecamatan Amfoang Barat Laut tidak transparan.
Masyarakat desa katanya, tidak diberikan ruang oleh kepala desa dan perangkatnya untuk mengetahui proses pengelolaan dan pemanfaatan dana desa. Kepala desa dan perangkatnya sepihak mengelola dana desa, bahkan hanya untuk memperoleh RAB pun sangat sulit.
Selain soal dana desa, pemuda Ambal pun mempersoalkan tentang proses serah terima kepala desa.
Menurutny, semua kepala desa di Ambal sudah berakhir masa jabatan sejak 12 Juli 2019 lalu. Namun, proses serah terima jabatan dari pejabat lama ke pejabat sementara yang ditunjuk oleh Camat tidak disertakan dengan laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan.
Kepala Dinas PMD Kabupaten Kupang, Charles Panie yang turut mendampingi Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengatakan, pengelolaan dana desa tidak bisa dilakukan diam – diam tanpa sepengetahuan masyarakat desa.
Seluruh elemen masyarakat di desa, harus dilibatkan sejak proses perencanaan program, pelaksanaan dan pengawasan, sebab dana desa murni milik masyarakat bukan milik kepala desa sehingga tidak dapat dibenarkan seorang kepala desa mengelola dana desa tanpa sepengetahuan masyarakatnya.
Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe mengatakan, para kepala desa sebaiknya berhati-hati dalam mengelola dana desa yang jumlahnya setiap tahun makin meningkat.
Transparansi pengelolaan dana desa mesti menjadi hal mutlak diperhatikan pengelola dana desa, sebab bukan tidak mungkin suatu saat KPK akan langsung turun ke desa untuk memeriksa para kepala desa.
Terkait protes pemuda Ambal, Wabup Kupang mengatakan, ini sangat positif sebab pemuda turut aktif mengawasi kinerja kepala desa terutama soal pengelolaan dana desa.
Oleh karena itu, Wabup Kupang meminta para pemuda untuk membuat laporan secara tertulis kepadanya, disertakan pula nama jelas para pemuda dan bukti pendukung. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada kesan suka atau tidak suka terhadap kinerja kepala desa. (Sully)

Comments

0 comments